Langsung ke konten utama

[TUGAS KULIAH] Tutorial Mail Merge Dengan Word dan Excel

Halo, selamat malam, semua. Malam karena gua nulisnya di malam-malam begini. Ya tau gua emang procrastinator sejati.


Omong-omong, gua disuruh bikin tugas lagi sama dosen gua yang luar biasa ajaibnya. Beuh saking ajaibnya Deddy Corbuzier lewat. Lebah ah. Tugasnya itu adalah ngajarin kalian gimana caranya bikin surat lewat mail merge. Yang sumber datanya dari file Excel. Ini bakalan gua kasih tau dibawah jadi disimak, ya!

  1. Pastikan lu udah punya surat yang akan lu isi dengan data-data excel lu. Surat itu bisa macam-macam ya jenisnya. Bisa surat lamaran kerja, pengumuman, dan lain sebagainya. Gua disini akan memberi contoh format surat lamaran yang dikasih dosen gua waktu di kelas. Inget, ini tuh format surat yang belum diisi dengan datanya. Untuk isi datanya dari sumber data akan dijelaskan nanti.
  2. Lalu lu buat juga sumber data yang akan diperlukan dalam suratnya. Buat data sesuai yang dibutuhkan di suratnya ya atau liat apa yang mau diisi di surat lu. Kalo gua buatnya di Excel. Begini contohnya. Datanya ga harus sama plek kayak gua. Ini cuma contoh aja. Setelah selesai, jangan lupa di save.
  3. Habis itu, lu balik ke Word ke surat lu. Kita bakalan mulai mengisi datanya. Lalu di tab “Mailings”, lu klik “Select Recipients”, lalu pilih “Use an Existing List” karena lu udah punya datanya.
  4. Lalu akan keluar jendela untuk mengambil filenya dari direktori elu. Tinggal cari deh filenya lalu klik “Open”.
  5. Bakal muncul tuh message box untuk memilih data lu ada di sheet berapa. Kalo cuma ada di sheet 1 langsung aja klik “Ok”. Pastiin aja semua data yang lu butuhin masuk di word.
  6. Nah, sekarang sudah masuk deh sumber datanya di dokumen lu. Selanjutnya, lu pilih menu “Insert Merge Field” untuk mengisi lahan (lahan…?) yang kosong di suratnya.
  7. Kalo selesai, pasti ada muncul tulisan yang ada tanda panahnya. Di antaranya bakalan diisi data dari excel yang lu buat. Ini sengaja gua highlight kuning biar lu tau maksud gua siapa tau kalimat barusan bikin lu pusing.
  8. Terakhir, klik menu “Preview Results” untuk melihat hasilnya. Data yang sebelumnya lu buat di excel bakalan muncul di surat lu kalo lu bener ngisinya.
  9. Lalu untuk mengecek keseluruhan surat dan datanya. Lu tinggal klik tanda panah kanan-kiri untuk melihat hasilnya.
  10. Ini sebenernya opsional. Buat ngeprint suratnya dan dikirim ke seluruh dunia, lu klik menu “Finish & Merge” untuk mengedit masing-masing file secara individu, atau langsung ngeprint filenya, baik salah satu atau langsung semuanya.

Nah itu barusan tutorial versi gua dengan mail merge. Sekarang kalian udah langsung bisa buat surat pengumuman kalo lu masih sendirian ke RT, RW bahkan satu provinsi sekalipun! Wait……
Semoga bermanfaat ya! Sampai berjumpa di tugas gua berikutnya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[TUGAS KULIAH] Resume Jurnal Seputar Online Shopping

Pada postingan kali ini, saya akan meresume jurnal-jurnal penelitian yang membahas tentang berbelanja secara online. Kenapa saya memilih tema ini, karena dalam suasana pandemi, kegiatan kami dalam memperoleh barang-barang yang diinginkan berpusat pada toko online baik itu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Berikut adalah hasil dari penelitian yang berhubungan dengan berbelanja online. No. Judul Penulis Identitas Jurnal (nama jurnal, nomor jurnal, tahun) Subjek Hasil Jurnal 1.         Hedonic and utilitarian motivations for online retail shopping behavior Childers, T. L., Carr, C. L., Peck, J., & Carson, S. Journal of Retailing, 77, 511-535. 2001 Terdiri dari 274 murid-murid di kelas perkenalan di sebuah sekolah bisnis di universitas besar di bagian midwestern. 67% dari partisipan berusia kurang dari 25 tahun, 18% 25 tahun,

[TUGAS KULIAH] Trik Office Word yang Akan Memudahkan Pekerjaan

Hiyah. Gua baru muncul nih. Munculnya juga gara-gara tugas dari dosen gua. Iya gua tau gua emang ga konsisten parah soal menulis apa yang gua rasain di media publik. Tapi sekarang jam sudah menunjukkan 19.06 di laptop gua. Gua baru jalan pulang dari kampus tadi jam 17.30. Dan sekarang mata gua sisa 40%. Dan gua pengen make sisa-sisa kekuatan yang gua punya ini buat bikin tugas yang dikasih dosen Pengantar Aplikasi Komputer 2 yang menurut gua ajaib itu, so far . Di blog ini, gua pengen ngejelasin beberapa trik di Word yang pasti bakalan berguna kalo lu ada tugas buat laporan, makalah, bahkan skripsi (yha siapa tau pembaca gua udah tahun akhir nyari inspirasi kan?). Udah ah, basa-basi terus. Berikut trik-triknya. Membuat Numbering Otomatis di Table Kita pasti pernah bikin table untuk memuat data yang kita peroleh. Tapi pernah ga sih lu ngisi nomor numbering di table secara manual? Ngaku aja kita semua gitu kok. Tapi kerjaan lu bakalan dimudahin dengan trik ini. a.       

[TUGAS KULIAH] Mengapa dan Bagaimana Kita Menggunakan Internet, dan Bagaimana Peran Sosialnya dalam Internet.

A.     MENGAPA DAN BAGAIMANA KITA MENGGUNAKAN INTERNET Siapa yang tidak menggunakan internet di era millennial ini? Setiap orang di tahun 2020 ini pasti sudah mengenali apa yang dimaksud dengan internet dan apa saja yang bisa dilakukan di dunia maya ini. Semua orang pasti sudah mengenali apa itu internet dan smartphone mungkin saja di masa depan bayi yang baru lahir sudah mengenali apa itu Wi-Fi! Di tulisan ini saya akan berusaha menjelaskan mengapa dan bagaimana kita sebagai masyarakat menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari kita. Internet menjadi hal yang paling penting di hidup kita. Tapi mengapa dan bagaimana kita menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari. Fungsi dan cara penggunaan internet itu bisa dijabarkan menjadi 5 poin berikut. 1)       Information Orang mencari segala macam informasi sekarang tidak hanya lewat buku, majalah, radio, maupun bentuk media massa lagi. Sekarang orang hanya perlu mengetikkan apa yang mereka ingin cari di laman pencaria