[TUGAS KULIAH] Mengapa dan Bagaimana Kita Menggunakan Internet, dan Bagaimana Peran Sosialnya dalam Internet.
A.
MENGAPA DAN BAGAIMANA KITA MENGGUNAKAN INTERNET
Siapa yang tidak menggunakan
internet di era millennial ini? Setiap orang di tahun 2020 ini pasti sudah
mengenali apa yang dimaksud dengan internet dan apa saja yang bisa dilakukan di
dunia maya ini. Semua orang pasti sudah mengenali apa itu internet dan smartphone
mungkin saja di masa depan bayi yang baru lahir sudah mengenali apa itu Wi-Fi!
Di tulisan ini saya akan berusaha menjelaskan mengapa dan bagaimana kita
sebagai masyarakat menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari kita.
Internet menjadi hal yang
paling penting di hidup kita. Tapi mengapa dan bagaimana kita menggunakan
internet untuk kehidupan sehari-hari. Fungsi dan cara penggunaan internet itu
bisa dijabarkan menjadi 5 poin berikut.
1)
Information
Orang mencari
segala macam informasi sekarang tidak hanya lewat buku, majalah, radio, maupun bentuk
media massa lagi. Sekarang orang hanya perlu mengetikkan apa yang mereka ingin
cari di laman pencarian (misalnya Google dan Bing) kapan saja dan dimana saja. Berbagai
macam informasi sangat bisa ditemukan di internet lewat laman pencarian ini,
mulai dari tutorial memasak, saran-saran mode, materi pelajaran dan kuliah,
bahkan informasi yang berbau pornografi dan informasi berbahaya lainnya juga
dapat ditemukan di Internet. Jika ditinjau dari segi Psikologi Sosial, orang
memiliki kecenderungan untuk conform dengan mengandalkan informasi yang
diperoleh dari internet ini. Tujuannya apa? Supaya mereka tidak dipandang
berbeda dari orang lain serta beranggapan bahwa informasi dari internet itu
reliabel (Aronson, Wilson, Akert, & Sommers, 2013) .
2)
Communication
Internet juga
bisa digunakan sebagai media komunikasi sesama orang lewat media memgirim pesan
seperti WhatsApp, Skype, Line, dan sebagainya. Pada tahun 2010 ke bawah
orang-orang masih menggunakan Yahoo! Messenger dan AoL untuk berkirim pesan
dengan orang-orang. Terkenal akan fitur menambah teman lewat nama ID yang bisa
digunakan untuk menambah teman. Sekarang media berkirim pesan lewat internet
sudah berkembang pesat yang ditandai dengan maraknya penggunaan WhatsApp sebagai
media berkirim pesan yang umum digunakan. WhatsApp menyediakan fitur-fitur dari
berkirim gambar dan file yang menyebabkan aplikasi tersebut menjadi aplikasi
dasar dan penting dimiliki oleh orang yang baru memiliki smartphone. Line juga
memiliki fitur yang sama, dan Skype adalah fitur berkirim pesan yang masih
populer digunakan karena adanya fitur video call dan berkirim pesan juga.
3)
Social Networking
Manusia
sebagai makhluk sosial yang memiliki motif untuk berhubungan dan berkomunikasi
dengan orang lain, termasuk lewat dunia maya. Karena itulah, munculnya Facebook
menjadi media jejaring sosial yang sangat populer digunakan dan mengenalkan
konsep social networking dimana semua orang bisa bertemu dengan orang
baru secara mudah. Tidak ingin kalah dari Facebook, Instagram juga muncul
dengan mengenalkan fitur berbagi foto sebagai hal utama pada medsos tersebut,
Twitter yang berfungsi layaknya blogging tapi dengan jumlah karakter yang terbatas.
Masyarakat umum menggunakan media sosial juga untuk “menjual diri” mereka agar
memperoleh kenalan dan koneksi yang lebih banyak sesuai dengan keinginan
pengguna.
4)
Entertainment
Tidak lengkap
rasanya jika internet tidak dilengkapi dengan adanya fitur hiburan untuk
menstimulasi penglihatan dan pendengaran. Situs seperti Youtube adalah aplikasi
yang umum digunakan untuk hiburan karena memperbolehkan user-nya untuk
berbagi konten menarik yang dapat disaksikan oleh khalayak banyak di dunia
maya. Konten hiburan dimulai dari yang dibagikan oleh content creator seperti
film pendek, tutorial memasak, tutorial make-up, video musik, sampai acara
TV yang telah ditayangkan semua dapat dibagikan di Youtube. Youtube juga
menjadi media internet yang juga umum digunakan untuk media promosi merek-merek
bergengsi seperti merek smartphone (Samsung, iPhone, Xiaomi, dll) dan
merek kendaraan bermotor juga mempromosikan barang terbarukan mereka disini.
Iklan yang ditayangkan juga dibuat semenarik mungkin dan menghibur penonton sebagai
strategi pemasaran yang handal. Industri musik dan film juga tidak kalah untuk
mempromosikan produk barunya lewat promosi di internet seperti lewat Spotify
dengan tersedianya berbagai macam musik dari berbagai macam musisi, sedangkan industri
film membagikan video cuplikan untuk film barunya di Youtube. Tidak hanya di
Youtube, content creator yang beredar di media sosial seperti Twitter
dan Instagram juga berlomba-lomba untuk membuat konten yang menarik dan
menghibur pemirsa supaya media sosial mereka bertambah populer.
5)
Education
Selangkah
lebih maju dari internet sebagai media untuk mencari informasi, internet juga
bisa digunakan sebagai media untuk mencari informasi terkait pendidikan. Banyak
lembaga penelitian yang mempublikasikan hasil penelitian mereka seperti dalam
bentuk jurnal ilmiah di website resmi, misalnya Journal of Personality and
Social Psychology yang diunggah oleh APA di website resminya di apa.net. Google
juga menyediakan mesin pencarian khusus untuk buku dan kumpulan jurnal ilmiah
untuk memudahkan mahasiswa untuk mencari informasi yang akan digunakan untuk
pembelajaran. Ada aplikasi pembelajaran online seperti RuangGuru, Zenius, dan
Quipper yang memiliki tujuan untuk menunjang pendidikan dari jenjang SD sampai
SMA. Layanan belajar tersebut bersifat online, dengan adanya biaya yang
menyediakan berbagai fitur seperti kumpulan soal dan latihan-latihannya
sehingga selain belajar di kelas, di rumah juga bisa belajar lewat komputer dan
smartphone mereka.
6)
Economy
Kemajuan
teknologi juga mendorong adanya perubahan dalam kegiatan ekonomi bisnis di
dunia. Ditandai dengan munculnya gerakan e-commerce dimana pelanggan
hanya mengunjungi laman untuk berbelanja online untuk membeli barang dan barang
yang telah dibeli dikirimkan langsung ke alamat pembeli. Indonesia sudah
memiliki banyak perusahaan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak,
Shopee, JD.id, dan sebagainya. Tidak hanya itu, Gojek dan Grab juga bersaing di
wilayah e-commerce seperti menyediakan lahan pekerjaan baru dalam bentuk
layanan kendaraan umum dan layanan barang (seperti GoFood dan GoSend yang
disediakan oleh Gojek). Ke semua website dan aplikasi tersebut digunakan untuk
mempermudah gerakan ekonomi masyarakat. Terutama dalam situasi pandemi Covid-19
seperti sekarang ini, dimana kegiatan ekonomi ‘dipaksa’ dilakukan di rumah dan
secara online, supaya menjaga roda ekonomi tetap berputar.
B.
PERAN SOSIAL INDIVIDU DALAM INTERNET
Perilaku prososial di internet
juga tetap berjalan di dunia maya yang sangat luas ini. Menurut Aronson (2013),
perilaku prososial adalah perilaku yang bertujuan untuk memberi manfaat kepada
orang lain. Perilaku ini sudah diturunkan dari zaman dulu karena manusia
cenderung membantu untuk menjaga kelangsungan gen unggulannya, jika dilihat
dari sisi evolusionernya. Budaya juga berperan dalam munculnya perilaku prososial
seperti contohnya dimana orang Brazil cenderung lebih kuat perilaku prososialnya
dibandingkan orang Amerika Serikat.
Perilaku prososial yang
dilakukan orang di internet dapat dilakukan dengan membagikan informasi yang
bermanfaat yang dibutuhkan orang lain. Ini semua juga terjadi secara lintas
budaya, dimana di internet orang akan terekspos dengan berbagai macam orang
dari berbagai macam suku budaya. Semua orang dapat membagikan bantuan berupa
informasi di internet. Peneliti mengeluarkan hasil temuannya dalam ilmu pengetahuan
dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat. Content creator kecantikan
juga mengunggah video tutorial versi mereka untuk membantu pemirsa belajar make-up
di rumah. Website komunitas seperti Kaskus dan Reddit juga banyak orang
yang berbagi informasi jika dalam suatu thread komunitasnya ada yang bertanya
tentang suatu informasi. Namun budaya altruisme dan tolong menolong ini juga
dapat dibuktikan dengan banyaknya penggalangan dana seperti yang dilakukan oleh
komunitas youtuber untuk St. Jude Hospital demi membantu anak-anak dan
riset kanker. yang digalang oleh kanal Youtube The Game Theorist.
Kesimpualannya adalah,
orang-orang menggunakan internet untuk berbagai macam fungsi dan sebab.
Kemajuan teknologi ini menyebabkan perilaku masyarakat dunia berubah, termasuk
dengan gerakan bisnis dan ekonomi. Namun yang tetap sama adalah perilaku prososial
yang dapat ditemukan dengan berbagai cara dimulai dari berbagi informasi sederhana
sampai penggalangan dana besar-besaran untuk tujuan yang berbeda-beda. Manusia tetap
manusia dimanapun mereka berada, dunia asli maupun maya.
Komentar
Posting Komentar