Langsung ke konten utama

[TUGAS KULIAH] Mengapa dan Bagaimana Kita Menggunakan Internet, dan Bagaimana Peran Sosialnya dalam Internet.


A.    MENGAPA DAN BAGAIMANA KITA MENGGUNAKAN INTERNET

Siapa yang tidak menggunakan internet di era millennial ini? Setiap orang di tahun 2020 ini pasti sudah mengenali apa yang dimaksud dengan internet dan apa saja yang bisa dilakukan di dunia maya ini. Semua orang pasti sudah mengenali apa itu internet dan smartphone mungkin saja di masa depan bayi yang baru lahir sudah mengenali apa itu Wi-Fi! Di tulisan ini saya akan berusaha menjelaskan mengapa dan bagaimana kita sebagai masyarakat menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari kita.

Internet menjadi hal yang paling penting di hidup kita. Tapi mengapa dan bagaimana kita menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari. Fungsi dan cara penggunaan internet itu bisa dijabarkan menjadi 5 poin berikut.

1)      Information

Orang mencari segala macam informasi sekarang tidak hanya lewat buku, majalah, radio, maupun bentuk media massa lagi. Sekarang orang hanya perlu mengetikkan apa yang mereka ingin cari di laman pencarian (misalnya Google dan Bing) kapan saja dan dimana saja. Berbagai macam informasi sangat bisa ditemukan di internet lewat laman pencarian ini, mulai dari tutorial memasak, saran-saran mode, materi pelajaran dan kuliah, bahkan informasi yang berbau pornografi dan informasi berbahaya lainnya juga dapat ditemukan di Internet. Jika ditinjau dari segi Psikologi Sosial, orang memiliki kecenderungan untuk conform dengan mengandalkan informasi yang diperoleh dari internet ini. Tujuannya apa? Supaya mereka tidak dipandang berbeda dari orang lain serta beranggapan bahwa informasi dari internet itu reliabel (Aronson, Wilson, Akert, & Sommers, 2013).

2)      Communication

Internet juga bisa digunakan sebagai media komunikasi sesama orang lewat media memgirim pesan seperti WhatsApp, Skype, Line, dan sebagainya. Pada tahun 2010 ke bawah orang-orang masih menggunakan Yahoo! Messenger dan AoL untuk berkirim pesan dengan orang-orang. Terkenal akan fitur menambah teman lewat nama ID yang bisa digunakan untuk menambah teman. Sekarang media berkirim pesan lewat internet sudah berkembang pesat yang ditandai dengan maraknya penggunaan WhatsApp sebagai media berkirim pesan yang umum digunakan. WhatsApp menyediakan fitur-fitur dari berkirim gambar dan file yang menyebabkan aplikasi tersebut menjadi aplikasi dasar dan penting dimiliki oleh orang yang baru memiliki smartphone. Line juga memiliki fitur yang sama, dan Skype adalah fitur berkirim pesan yang masih populer digunakan karena adanya fitur video call dan berkirim pesan juga.

3)      Social Networking

Manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki motif untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, termasuk lewat dunia maya. Karena itulah, munculnya Facebook menjadi media jejaring sosial yang sangat populer digunakan dan mengenalkan konsep social networking dimana semua orang bisa bertemu dengan orang baru secara mudah. Tidak ingin kalah dari Facebook, Instagram juga muncul dengan mengenalkan fitur berbagi foto sebagai hal utama pada medsos tersebut, Twitter yang berfungsi layaknya blogging tapi dengan jumlah karakter yang terbatas. Masyarakat umum menggunakan media sosial juga untuk “menjual diri” mereka agar memperoleh kenalan dan koneksi yang lebih banyak sesuai dengan keinginan pengguna.

4)      Entertainment

Tidak lengkap rasanya jika internet tidak dilengkapi dengan adanya fitur hiburan untuk menstimulasi penglihatan dan pendengaran. Situs seperti Youtube adalah aplikasi yang umum digunakan untuk hiburan karena memperbolehkan user-nya untuk berbagi konten menarik yang dapat disaksikan oleh khalayak banyak di dunia maya. Konten hiburan dimulai dari yang dibagikan oleh content creator seperti film pendek, tutorial memasak, tutorial make-up, video musik, sampai acara TV yang telah ditayangkan semua dapat dibagikan di Youtube. Youtube juga menjadi media internet yang juga umum digunakan untuk media promosi merek-merek bergengsi seperti merek smartphone (Samsung, iPhone, Xiaomi, dll) dan merek kendaraan bermotor juga mempromosikan barang terbarukan mereka disini. Iklan yang ditayangkan juga dibuat semenarik mungkin dan menghibur penonton sebagai strategi pemasaran yang handal. Industri musik dan film juga tidak kalah untuk mempromosikan produk barunya lewat promosi di internet seperti lewat Spotify dengan tersedianya berbagai macam musik dari berbagai macam musisi, sedangkan industri film membagikan video cuplikan untuk film barunya di Youtube. Tidak hanya di Youtube, content creator yang beredar di media sosial seperti Twitter dan Instagram juga berlomba-lomba untuk membuat konten yang menarik dan menghibur pemirsa supaya media sosial mereka bertambah populer.

5)      Education

Selangkah lebih maju dari internet sebagai media untuk mencari informasi, internet juga bisa digunakan sebagai media untuk mencari informasi terkait pendidikan. Banyak lembaga penelitian yang mempublikasikan hasil penelitian mereka seperti dalam bentuk jurnal ilmiah di website resmi, misalnya Journal of Personality and Social Psychology yang diunggah oleh APA di website resminya di apa.net. Google juga menyediakan mesin pencarian khusus untuk buku dan kumpulan jurnal ilmiah untuk memudahkan mahasiswa untuk mencari informasi yang akan digunakan untuk pembelajaran. Ada aplikasi pembelajaran online seperti RuangGuru, Zenius, dan Quipper yang memiliki tujuan untuk menunjang pendidikan dari jenjang SD sampai SMA. Layanan belajar tersebut bersifat online, dengan adanya biaya yang menyediakan berbagai fitur seperti kumpulan soal dan latihan-latihannya sehingga selain belajar di kelas, di rumah juga bisa belajar lewat komputer dan smartphone mereka.

6)      Economy

Kemajuan teknologi juga mendorong adanya perubahan dalam kegiatan ekonomi bisnis di dunia. Ditandai dengan munculnya gerakan e-commerce dimana pelanggan hanya mengunjungi laman untuk berbelanja online untuk membeli barang dan barang yang telah dibeli dikirimkan langsung ke alamat pembeli. Indonesia sudah memiliki banyak perusahaan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, JD.id, dan sebagainya. Tidak hanya itu, Gojek dan Grab juga bersaing di wilayah e-commerce seperti menyediakan lahan pekerjaan baru dalam bentuk layanan kendaraan umum dan layanan barang (seperti GoFood dan GoSend yang disediakan oleh Gojek). Ke semua website dan aplikasi tersebut digunakan untuk mempermudah gerakan ekonomi masyarakat. Terutama dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dimana kegiatan ekonomi ‘dipaksa’ dilakukan di rumah dan secara online, supaya menjaga roda ekonomi tetap berputar.

B.     PERAN SOSIAL INDIVIDU DALAM INTERNET

Perilaku prososial di internet juga tetap berjalan di dunia maya yang sangat luas ini. Menurut Aronson (2013), perilaku prososial adalah perilaku yang bertujuan untuk memberi manfaat kepada orang lain. Perilaku ini sudah diturunkan dari zaman dulu karena manusia cenderung membantu untuk menjaga kelangsungan gen unggulannya, jika dilihat dari sisi evolusionernya. Budaya juga berperan dalam munculnya perilaku prososial seperti contohnya dimana orang Brazil cenderung lebih kuat perilaku prososialnya dibandingkan orang Amerika Serikat.


Perilaku prososial yang dilakukan orang di internet dapat dilakukan dengan membagikan informasi yang bermanfaat yang dibutuhkan orang lain. Ini semua juga terjadi secara lintas budaya, dimana di internet orang akan terekspos dengan berbagai macam orang dari berbagai macam suku budaya. Semua orang dapat membagikan bantuan berupa informasi di internet. Peneliti mengeluarkan hasil temuannya dalam ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat. Content creator kecantikan juga mengunggah video tutorial versi mereka untuk membantu pemirsa belajar make-up di rumah. Website komunitas seperti Kaskus dan Reddit juga banyak orang yang berbagi informasi jika dalam suatu thread komunitasnya ada yang bertanya tentang suatu informasi. Namun budaya altruisme dan tolong menolong ini juga dapat dibuktikan dengan banyaknya penggalangan dana seperti yang dilakukan oleh komunitas youtuber untuk St. Jude Hospital demi membantu anak-anak dan riset kanker. yang digalang oleh kanal Youtube The Game Theorist.


Kesimpualannya adalah, orang-orang menggunakan internet untuk berbagai macam fungsi dan sebab. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perilaku masyarakat dunia berubah, termasuk dengan gerakan bisnis dan ekonomi. Namun yang tetap sama adalah perilaku prososial yang dapat ditemukan dengan berbagai cara dimulai dari berbagi informasi sederhana sampai penggalangan dana besar-besaran untuk tujuan yang berbeda-beda. Manusia tetap manusia dimanapun mereka berada, dunia asli maupun maya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[TUGAS KULIAH] Resume Jurnal Seputar Online Shopping

Pada postingan kali ini, saya akan meresume jurnal-jurnal penelitian yang membahas tentang berbelanja secara online. Kenapa saya memilih tema ini, karena dalam suasana pandemi, kegiatan kami dalam memperoleh barang-barang yang diinginkan berpusat pada toko online baik itu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Berikut adalah hasil dari penelitian yang berhubungan dengan berbelanja online. No. Judul Penulis Identitas Jurnal (nama jurnal, nomor jurnal, tahun) Subjek Hasil Jurnal 1.         Hedonic and utilitarian motivations for online retail shopping behavior Childers, T. L., Carr, C. L., Peck, J., & Carson, S. Journal of Retailing, 77, 511-535. 2001 Terdiri dari 274 murid-murid di kelas perkenalan di sebuah sekolah bisnis di universitas besar di bagian midwestern. 67% dari partisipan berusia kurang dari 25 tahun, 18% 25 tahun,

[TUGAS KULIAH] Trik Office Word yang Akan Memudahkan Pekerjaan

Hiyah. Gua baru muncul nih. Munculnya juga gara-gara tugas dari dosen gua. Iya gua tau gua emang ga konsisten parah soal menulis apa yang gua rasain di media publik. Tapi sekarang jam sudah menunjukkan 19.06 di laptop gua. Gua baru jalan pulang dari kampus tadi jam 17.30. Dan sekarang mata gua sisa 40%. Dan gua pengen make sisa-sisa kekuatan yang gua punya ini buat bikin tugas yang dikasih dosen Pengantar Aplikasi Komputer 2 yang menurut gua ajaib itu, so far . Di blog ini, gua pengen ngejelasin beberapa trik di Word yang pasti bakalan berguna kalo lu ada tugas buat laporan, makalah, bahkan skripsi (yha siapa tau pembaca gua udah tahun akhir nyari inspirasi kan?). Udah ah, basa-basi terus. Berikut trik-triknya. Membuat Numbering Otomatis di Table Kita pasti pernah bikin table untuk memuat data yang kita peroleh. Tapi pernah ga sih lu ngisi nomor numbering di table secara manual? Ngaku aja kita semua gitu kok. Tapi kerjaan lu bakalan dimudahin dengan trik ini. a.