Langsung ke konten utama

[TUGAS KULIAH] Trik Office Word yang Akan Memudahkan Pekerjaan

Hiyah. Gua baru muncul nih. Munculnya juga gara-gara tugas dari dosen gua. Iya gua tau gua emang ga konsisten parah soal menulis apa yang gua rasain di media publik. Tapi sekarang jam sudah menunjukkan 19.06 di laptop gua. Gua baru jalan pulang dari kampus tadi jam 17.30. Dan sekarang mata gua sisa 40%. Dan gua pengen make sisa-sisa kekuatan yang gua punya ini buat bikin tugas yang dikasih dosen Pengantar Aplikasi Komputer 2 yang menurut gua ajaib itu, so far.


Di blog ini, gua pengen ngejelasin beberapa trik di Word yang pasti bakalan berguna kalo lu ada tugas buat laporan, makalah, bahkan skripsi (yha siapa tau pembaca gua udah tahun akhir nyari inspirasi kan?). Udah ah, basa-basi terus. Berikut trik-triknya.

Membuat Numbering Otomatis di Table

Kita pasti pernah bikin table untuk memuat data yang kita peroleh. Tapi pernah ga sih lu ngisi nomor numbering di table secara manual? Ngaku aja kita semua gitu kok. Tapi kerjaan lu bakalan dimudahin dengan trik ini.
a.       Pertama, lu buat dulu table-nya. Bisa diakses dari tab “Insert” lalu “Table”.

b.       Lalu untuk membuat numbering secara otomatis tanpa lu harus ngisi satu-satu kolom “Nomor”, lu blok dulu kolom yang mau lu isi untuk dijadikan numbering otomatis.

c.       Setelah itu, lu klik “Numbering” di menu “Paragraph” tab “Home”.

d.    Baru deh ketika lu klik tombol Tab di keyboard, jumlah table-nya akan bertambah dengan numbering-nya juga bertambah dengan otomatis.

Membuat Header Sebuah Table Mengikuti Jumlah Table Sampai Halaman Berikutnya
Atau lu pernah buat table yang datanya sampai ribuan, bahkan sampai berlembar-lembar, pasti lupa dong si pembaca tentang judul data di kolom 1 atau kolom 2 dan seterusnya kalo sudah berlembar-lembar. Ada nih triknya biar gampang.
a.       Buat table yang ada di menu tab “Insert”. Atau cukup pake table pertama yang gua tunjukin di bagian sebelumnya. 
                    
b.       Klik baris yang mau lu jadikan “header” (alias yang mau lu tunjukin di halaman berikutnya). Lalu klik kanan dan pilih “table properties”.   

c.       Habis itu, muncul menu kayak begini. Lu pilih tab “Row”, lu ceklis pilihan “Repeat As Header Row”.

d.       Atau dengan cara mudahnya, lu blok baris yang mau dijadikan header, klik “Layout” di “Table Tools” lalu pilih “Repeat Header Rows”.

e.       Selesai deh. Baru header akan terus muncul meski data yang lu masukin jumlahnya ribuan.

Membuat Format Page Number yang Berbeda di Halaman Pertama
Ada suatu titik dimana dosen atau guru lu mau tugas lu itu, format page number-nya antara satu halaman pertama dengan halaman kedua dan seterusnya berbeda. Gua belom pernah dapet tugas kayak begitu sih. Tapi pasti di satu titik dunia perkuliahan gua dapet. Ini yang gua pelajarin.
a.       Siapkan halaman ketikan lu yang mau lu isi page number-nya.
b.       Klik tab “Insert”. Lalu klik menu “Page Number”.

c.       Lalu pilih format mana yang mau lu pake. Kalo pake contoh gua, gua pake di “bottom of page” alias di bawah. Nanti dokumen lu akan ada page number di bawahnya.


d.       Lalu untuk membedakan halaman pertama dengan seterusnya, lu klik “design” di tab “Header and Footer Tools”. Lu ceklis pilihan “Different First Page”.
Nanti bagian footer akan muncul “First Page Footer” yang awalnya “Footer”.

e.       Lalu di halaman pertama lu ganti deh format page number jadi “top of page” kalo menurut contoh gua. Gampang kan?

Membuat Column yang Tidak Penuh Satu Dokumen
Pernah baca jurnal ga? Jurnal kan punya ciri khas tuh kalo judul dan identitas pengarang pas pake rata tengah. Jadi di tengah-tengah banget dokumennya. Tapi isinya dibelah menjadi dua column kayak di koran. Mudah ternyata buatnya. Ikutin aja nih.
a.       Pertama lu siapkan artikel atau dokumen lu yang judulnya sudah dibuat rata tengah dengan isinya rata kiri atau kanan kiri.

b.       Pada tab “Layout” lu pilih “column”. Lalu lu pilih menu “more column”. Lalu akan muncul menu di gambar kedua.



c.       Lalu pilih jumlah column sesuai keinginan lu. Kalo gua contohnya pake dua column.
d.       Tapi kalo lu gamau judul dan identitasnya keikut dalam column, kursor sudah lu harus taro di bagian selain judul dan identitas.
e.       Terakhir, lu klik pada “apply to” pilih yang “this point forward”. Pastikan formatnya sudah benar yang bisa lu liat di bagian Previewnya. Baru klik OK.

f.        Baru dokumen lu akan berbentuk seperti ini. Gampang kan ternyata?

Sekian deh tutorial Word yang akan memudahkan lu dalam penulisan karya ilmiah di sekolah, kuliah, bahkan kerja. Serius deh, kalo gua mau dramatis judul artikel ini gua jadiin “MUDAH! TUTORIAL WORD YANG AKAN MENYELAMATKAN WAKTUMU!” tapi gua benci judul lebay haha.

Mudah-mudahan tutorial ini berguna buat lu yang membaca ya. Gua berterima kasih banget sama bapak dosen tercinta yang sudah menyadarkan gua kalo gua masih gaptek banget bahkan di aplikasi paling mendasar untuk kaum intelektual. Jadi gua masih bisa belajar dan berkembang (jiah). Silahkan pake kapan aja dan doain ya biar tugas gua ini dapet nilai bagus dari dosen gua. See you!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[TUGAS KULIAH] Resume Jurnal Seputar Online Shopping

Pada postingan kali ini, saya akan meresume jurnal-jurnal penelitian yang membahas tentang berbelanja secara online. Kenapa saya memilih tema ini, karena dalam suasana pandemi, kegiatan kami dalam memperoleh barang-barang yang diinginkan berpusat pada toko online baik itu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Berikut adalah hasil dari penelitian yang berhubungan dengan berbelanja online. No. Judul Penulis Identitas Jurnal (nama jurnal, nomor jurnal, tahun) Subjek Hasil Jurnal 1.         Hedonic and utilitarian motivations for online retail shopping behavior Childers, T. L., Carr, C. L., Peck, J., & Carson, S. Journal of Retailing, 77, 511-535. 2001 Terdiri dari 274 murid-murid di kelas perkenalan di sebuah sekolah bisnis di universitas besar di bagian midwestern. 67% dari partisipan berusia kurang dari 25 tahun, 18% 25 tahun,

[TUGAS KULIAH] Mengapa dan Bagaimana Kita Menggunakan Internet, dan Bagaimana Peran Sosialnya dalam Internet.

A.     MENGAPA DAN BAGAIMANA KITA MENGGUNAKAN INTERNET Siapa yang tidak menggunakan internet di era millennial ini? Setiap orang di tahun 2020 ini pasti sudah mengenali apa yang dimaksud dengan internet dan apa saja yang bisa dilakukan di dunia maya ini. Semua orang pasti sudah mengenali apa itu internet dan smartphone mungkin saja di masa depan bayi yang baru lahir sudah mengenali apa itu Wi-Fi! Di tulisan ini saya akan berusaha menjelaskan mengapa dan bagaimana kita sebagai masyarakat menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari kita. Internet menjadi hal yang paling penting di hidup kita. Tapi mengapa dan bagaimana kita menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari. Fungsi dan cara penggunaan internet itu bisa dijabarkan menjadi 5 poin berikut. 1)       Information Orang mencari segala macam informasi sekarang tidak hanya lewat buku, majalah, radio, maupun bentuk media massa lagi. Sekarang orang hanya perlu mengetikkan apa yang mereka ingin cari di laman pencaria