Hiyah. Gua baru muncul nih. Munculnya juga
gara-gara tugas dari dosen gua. Iya gua tau gua emang ga konsisten parah soal
menulis apa yang gua rasain di media publik. Tapi sekarang jam sudah
menunjukkan 19.06 di laptop gua. Gua baru jalan pulang dari kampus tadi jam
17.30. Dan sekarang mata gua sisa 40%. Dan gua pengen make sisa-sisa kekuatan
yang gua punya ini buat bikin tugas yang dikasih dosen Pengantar Aplikasi
Komputer 2 yang menurut gua ajaib itu, so
far.
Di blog ini, gua pengen ngejelasin beberapa
trik di Word yang pasti bakalan berguna kalo lu ada tugas buat laporan,
makalah, bahkan skripsi (yha siapa tau pembaca gua udah tahun akhir nyari
inspirasi kan?). Udah ah, basa-basi terus. Berikut trik-triknya.
Membuat
Numbering Otomatis di Table
Kita pasti pernah bikin
table untuk memuat data yang kita peroleh. Tapi pernah ga sih lu ngisi nomor
numbering di table secara manual? Ngaku aja kita semua gitu kok. Tapi kerjaan
lu bakalan dimudahin dengan trik ini.
a.
Pertama,
lu buat dulu table-nya. Bisa diakses dari tab “Insert” lalu “Table”.
b.
Lalu
untuk membuat numbering secara otomatis tanpa lu harus ngisi satu-satu kolom
“Nomor”, lu blok dulu kolom yang mau lu isi untuk dijadikan numbering otomatis.
c.
Setelah
itu, lu klik “Numbering” di menu “Paragraph” tab “Home”.
d. Baru deh ketika lu klik tombol Tab di
keyboard, jumlah table-nya akan bertambah dengan numbering-nya juga bertambah
dengan otomatis.
Membuat
Header Sebuah Table Mengikuti Jumlah Table Sampai Halaman Berikutnya
Atau lu pernah buat table
yang datanya sampai ribuan, bahkan sampai berlembar-lembar, pasti lupa dong si
pembaca tentang judul data di kolom 1 atau kolom 2 dan seterusnya kalo sudah
berlembar-lembar. Ada nih triknya biar gampang.
a.
Buat table
yang ada di menu tab “Insert”. Atau cukup pake table pertama yang gua tunjukin
di bagian sebelumnya.
b.
Klik
baris yang mau lu jadikan “header” (alias yang mau lu tunjukin di halaman
berikutnya). Lalu klik kanan dan pilih “table properties”.
c.
Habis
itu, muncul menu kayak begini. Lu pilih tab “Row”, lu ceklis pilihan “Repeat As
Header Row”.
d.
Atau
dengan cara mudahnya, lu blok baris yang mau dijadikan header, klik “Layout” di
“Table Tools” lalu pilih “Repeat Header Rows”.
e.
Selesai
deh. Baru header akan terus muncul meski data yang lu masukin jumlahnya ribuan.
Membuat
Format Page Number yang Berbeda di Halaman Pertama
Ada suatu titik dimana
dosen atau guru lu mau tugas lu itu, format page number-nya antara satu halaman
pertama dengan halaman kedua dan seterusnya berbeda. Gua belom pernah dapet
tugas kayak begitu sih. Tapi pasti di satu titik dunia perkuliahan gua dapet.
Ini yang gua pelajarin.
a.
Siapkan
halaman ketikan lu yang mau lu isi page number-nya.
b.
Klik tab
“Insert”. Lalu klik menu “Page Number”.
c.
Lalu pilih
format mana yang mau lu pake. Kalo pake contoh gua, gua pake di “bottom of
page” alias di bawah. Nanti dokumen lu akan ada page number di bawahnya.
d.
Lalu untuk
membedakan halaman pertama dengan seterusnya, lu klik “design” di tab “Header
and Footer Tools”. Lu ceklis pilihan “Different First Page”.
Nanti bagian footer akan muncul “First Page Footer” yang awalnya
“Footer”.
e.
Lalu di
halaman pertama lu ganti deh format page number jadi “top of page” kalo menurut
contoh gua. Gampang kan?
Membuat
Column yang Tidak Penuh Satu Dokumen
Pernah baca jurnal ga?
Jurnal kan punya ciri khas tuh kalo judul dan identitas pengarang pas pake rata
tengah. Jadi di tengah-tengah banget dokumennya. Tapi isinya dibelah menjadi
dua column kayak di koran. Mudah ternyata buatnya. Ikutin aja nih.
a.
Pertama lu
siapkan artikel atau dokumen lu yang judulnya sudah dibuat rata tengah dengan
isinya rata kiri atau kanan kiri.
b.
Pada tab
“Layout” lu pilih “column”. Lalu lu pilih menu “more column”. Lalu akan muncul
menu di gambar kedua.
c.
Lalu pilih
jumlah column sesuai keinginan lu. Kalo gua contohnya pake dua column.
d.
Tapi kalo
lu gamau judul dan identitasnya keikut dalam column, kursor sudah lu harus taro
di bagian selain judul dan identitas.
e.
Terakhir,
lu klik pada “apply to” pilih yang “this point forward”. Pastikan formatnya
sudah benar yang bisa lu liat di bagian Previewnya. Baru klik OK.
f.
Baru
dokumen lu akan berbentuk seperti ini. Gampang kan ternyata?
Sekian deh tutorial Word yang akan memudahkan
lu dalam penulisan karya ilmiah di sekolah, kuliah, bahkan kerja. Serius deh,
kalo gua mau dramatis judul artikel ini gua jadiin “MUDAH! TUTORIAL WORD YANG
AKAN MENYELAMATKAN WAKTUMU!” tapi gua benci judul lebay haha.
Mudah-mudahan tutorial ini berguna buat lu yang
membaca ya. Gua berterima kasih banget sama bapak dosen tercinta yang sudah menyadarkan gua kalo gua masih gaptek banget bahkan di aplikasi paling mendasar untuk kaum intelektual. Jadi gua masih bisa belajar dan berkembang (jiah). Silahkan pake kapan aja dan doain ya biar tugas gua ini dapet nilai
bagus dari dosen gua. See you!
Komentar
Posting Komentar