Langsung ke konten utama

Kapan?

Seluruh lini masa kehidupan kita akan selalu diisi dengan kata pertanyaan yang dalam pelajaran Bahasa Indonesia sering kita jadikan sebagai pengetahuan saja. Yaitu "kapan". Kita sampai sekarang berpikiran bahwa kata itu hanya salah satu dari 5W1H. Just another question with a question mark. Tapi pernahkan berpikir bahwa hidup kita akan selalu dimulai dengan kata ini?

Contohnya,
Kapan aku mulai kuliah/sekolah?
Kapan aku harus menyiapkan bahan tugas ini?
Kapan aku harus memulai diskusi?
Kapan aku bekerja?
Kapan aku menikah?
Kapan aku naik jabatan?
Kapan anakku akan lahir?

Kapan aku mati?

Terutama pertanyaan terakhir itu. Pertanyaan yang lain tentu akan kita jawab dengan sederetan angka yang bernama "tanggal" dan terkadang kalau teringat, sebuah "hari".

Tanggal 24 September 2018.
Tanggal 11 Oktober 2018.
Tanggal 12 Oktober 2018.
Hari Senin 2020.
Hari Rabu 2025.
Hari Jum'at 2030.
Hari Selasa 2026.

Tidak tahu.

Ya, benar. Seluruh pertanyaan yang awalnya diawali dengan "kapan?" akan diakhiri dengan "sudah". Pertanyaan tidak akan pernah berhenti datang selama hidup kita. Kita akan berhenti menerima kata "kapan" dalam benak kita jika kematian sudah menjemput. Dan kalimat terakhir yang kita ucapkan setelah laa ilaha ilallah adalah sudah selesai.

Dan pertanyaan akan "kapan" itu tidak selamanya tentang hal-hal yang belum atau akan terjadi dalam hidup kita. Tapi kata pertanyaan ini juga akan memulai suatu jawaban yang akan kita cari. Dan jangan kira jawaban yang akan kita temukan itu akan mudah untuk dicari dan dijawab. Akan selalu ada rintangan dan tantangan dalam menjawab. Dan jika kita tidak memiliki mental dan keinginan yang kuat untuk melewati rintangan tersebut, maka kata "kapan" beserta embel-embel pertanyaannya tidak akan terjawab.

Namun selain kita harus memiliki mental pikiran yang selalu siap untuk tantangan tersebut kita harus punya 1 jurus lagi yang tidak akan bisa terkuasai dalam waktu singkat. Sebenarnya jurus satu ini memerlukan nyaris seluruh jam kita di pendidikan formal. Atau bahkan tidak melalui pendidikan formal tapi lewat pengalaman kita.

Yaitu,
Time management. Manajemen waktu.

Pentingnya sebuah manajemen waktu adalah salah satu kunci pertanyaan yang selama ini kita tanyakan. Mengingat waktu adalah sesuatu yang mahal yang tidak akan bisa diulang. Motivator di seluruh dunia sudah sering mengatakan "jangan buang-buang waktu anda!" mengingat betapa pentingnya waktu dan akan sangat merugi kalau waktu sudah habis dan "kapan" belum berganti menjadi "sudah".

Terakhir. Sebagai manusia yang merupakan makhluk berakal, kita haruslah mengisi hidup ini dengan jawaban atas "kapan". Jangan hanya bertanya-tanya, tapi tidak segera dijawab. Jangan hanya dipikirkan apalagi dikeluhkan. Tapi kerjakan dan jawablah pertanyaan tersebut.

Sebelum ajal menjemput.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[TUGAS KULIAH] Resume Jurnal Seputar Online Shopping

Pada postingan kali ini, saya akan meresume jurnal-jurnal penelitian yang membahas tentang berbelanja secara online. Kenapa saya memilih tema ini, karena dalam suasana pandemi, kegiatan kami dalam memperoleh barang-barang yang diinginkan berpusat pada toko online baik itu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Berikut adalah hasil dari penelitian yang berhubungan dengan berbelanja online. No. Judul Penulis Identitas Jurnal (nama jurnal, nomor jurnal, tahun) Subjek Hasil Jurnal 1.         Hedonic and utilitarian motivations for online retail shopping behavior Childers, T. L., Carr, C. L., Peck, J., & Carson, S. Journal of Retailing, 77, 511-535. 2001 Terdiri dari 274 murid-murid di kelas perkenalan di sebuah sekolah bisnis di universitas besar di bagian midwestern. 67% dari partisipan berusia kurang dari 25 tahun, 18% 25 tahun,

[TUGAS KULIAH] Trik Office Word yang Akan Memudahkan Pekerjaan

Hiyah. Gua baru muncul nih. Munculnya juga gara-gara tugas dari dosen gua. Iya gua tau gua emang ga konsisten parah soal menulis apa yang gua rasain di media publik. Tapi sekarang jam sudah menunjukkan 19.06 di laptop gua. Gua baru jalan pulang dari kampus tadi jam 17.30. Dan sekarang mata gua sisa 40%. Dan gua pengen make sisa-sisa kekuatan yang gua punya ini buat bikin tugas yang dikasih dosen Pengantar Aplikasi Komputer 2 yang menurut gua ajaib itu, so far . Di blog ini, gua pengen ngejelasin beberapa trik di Word yang pasti bakalan berguna kalo lu ada tugas buat laporan, makalah, bahkan skripsi (yha siapa tau pembaca gua udah tahun akhir nyari inspirasi kan?). Udah ah, basa-basi terus. Berikut trik-triknya. Membuat Numbering Otomatis di Table Kita pasti pernah bikin table untuk memuat data yang kita peroleh. Tapi pernah ga sih lu ngisi nomor numbering di table secara manual? Ngaku aja kita semua gitu kok. Tapi kerjaan lu bakalan dimudahin dengan trik ini. a.       

[TUGAS KULIAH] Mengapa dan Bagaimana Kita Menggunakan Internet, dan Bagaimana Peran Sosialnya dalam Internet.

A.     MENGAPA DAN BAGAIMANA KITA MENGGUNAKAN INTERNET Siapa yang tidak menggunakan internet di era millennial ini? Setiap orang di tahun 2020 ini pasti sudah mengenali apa yang dimaksud dengan internet dan apa saja yang bisa dilakukan di dunia maya ini. Semua orang pasti sudah mengenali apa itu internet dan smartphone mungkin saja di masa depan bayi yang baru lahir sudah mengenali apa itu Wi-Fi! Di tulisan ini saya akan berusaha menjelaskan mengapa dan bagaimana kita sebagai masyarakat menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari kita. Internet menjadi hal yang paling penting di hidup kita. Tapi mengapa dan bagaimana kita menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari. Fungsi dan cara penggunaan internet itu bisa dijabarkan menjadi 5 poin berikut. 1)       Information Orang mencari segala macam informasi sekarang tidak hanya lewat buku, majalah, radio, maupun bentuk media massa lagi. Sekarang orang hanya perlu mengetikkan apa yang mereka ingin cari di laman pencaria