Langsung ke konten utama

Handphone Everywhere!


Halo kawan-kawan. Ya saya tau saya udah ngepos blog kemaren dan mungkin kalian mikir: “hah 2 postingan dalam 2 hari?!”. Sebenernya saya lagi libur alias gabut setelah lulus dari SMA dan saya berpikir : “wah kira-kira ngapain ya ngisi liburan selama 3 bulan sampe gue masuk kuliah??”. Ya sudah akhirnya saya melakukan kegiatan yang menurut saya tidak produktif selama sebulan ini. Belum lagi ini liburnya selama bulan Ramadhan. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali memaksa diri untuk menulis. Meskipun saya kadang (kayaknya sering deh) malas untuk menulis tapi ide yang saya akan bahas ini nih, yang daritadi sudah mengganjal di kepala saya selama 2 hari ini. Jadi ya daripada lupa lagi mendingan ditulis aja.

Jadi ada hal yang ingin saya kemukakan. Hal ini sudah yah anggap aja merajalela di kalangan masyarakat Indonesia (ini saya batasi di Indonesia aja karena saya gatau keadaan negara lain). Hal ini juga yang bikin saya prihatin dengan kehidupan social masyarakat jaman jigeum. Mau tau itu apa?

Yaitu penggunaan HP.

“Udah gitu doang sha?”

Ya. Mungkin buat kalian itu cuma “gitu doang”. TAPI MENURUT SAYA ITU BUKAN CUMA “GITU DOANG”.

Menurut saya penggunaan HP jaman sekarang itu sudah kelewatan batas. Kenapa? Karena setiap manusia di setiap waktu dan di setiap kesempatan semuanya main HP.

Di sekolah ada jamkos, main HP. Ga Cuma jamkos lho. Kadang kalo ada guru aja juga main HP. Kalo menurut kalian pelajaran di kelas itu ngebosenin dan ga penting semua kenapa kalian ga keluar kelas aja?!

Pas ketemuan ama temen-temen, main HP. Padahal yang lain asik ngobrol sambil makan. Ya kalo menurutmu ketemuan sama temen-temen itu buat kalian bosen kenapa kalian ga pulang aja?!

Di masjid ada khultum abis shalat tarawih, main HP. Bayangin sampe di masjid coba ada ustadz lagi ceramah dengan tema pentingnya alquran bagi kehidupan manusia jamaah perempuan di samping kanan kiri sampe belakang semuanya main HP. Lah saya yang biasa ga bawa HP ke masjid cengo aja sendirian.

Gitu kawan kondisi masyarakat kita yang keseringan main HP. Iya saya tau pasti temen-temen dalam hati pengen bilang ke saya gini : “ah gaya lu sha kayak lu ga main HP aja.” Saya ngaku saya juga main HP. Tapi setidaknya saya juga liat sikon. Saya mengerti kapan saya harus menggunakan HP dan kapan saya harus fokus dengan keadaan sekitar saya. Tapi yang saya prihatinkan adalah orang yang main HP di segala kondisi dan setiap waktu.

Sekarang teknologi HP semakin berkembang pesat. Aplikasi juga makin canggih. Semua kebutuhan manusia dari hiburan, sosial media, sampe belanja juga ada. Apalagi di sosial media segala macem berita dan cerita orang-orang semakin banyak dan semakin seru. Makin banyak deh bahan obrolan di segala platform sosial seperti Instagram dan Twitter.

Btw soal Instagram dan Twitter jadi masyarakat di kedua platform itu sering berebut hal-hal yang pengen diobrolin dan biasanya saling sindir satu sama lain. Yang paling sering nyindir itu Twitter soalnya banyak ye kan skrinsyutan tweet orang di Twitter yang isinya jokes atau semacamnya lalu jadi popeler di Instagram dan masyarakat Twitter akhirnya ga suka jadi mereka saling curhat satu sama lain. Seru juga yah. Hahahaha.

Oke fokus.

Jadi maksud saya teknologi yang berkembang di HP itu membuat kita semakin asyik dengan gadget kita. Saya mengerti karena saya juga melakukan hal yang sama. Tapi saya prihatin jika semua orang dalam suatu atau semua kelompok sosial sibuk main HP. Kayak ngerasa orihatin ga sih? Atau cuma saya aja yang ngerasa gitu? Oke….

Anyway kita kan manusia. Secara manusia adalah makhluk sosial dengan strata tertinggi di antara makhluk yang lain seperti hewan dan tumbuhan. Tapi sekarang frekuensi kita untuk berkomunikasi dengan satu sama lain semakin berkurang.

Bayangin aja anak kecil se-SD lah HP nya sudah model iPhone atau Android. Itu SD lho. Saya aja waktu SD dapet HP Nokia yang ada mainan snake aja udah seneng banget. Hayo mana generasi tahun 2000-an? Ya kita positif aja mungkin orang tuanya ngebeliin HP secanggih itu dan semahal itu tujuannya buat komunikasinya lebih mudah. Tapi apakah sudah perlu? Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan anak SD? Apakah anda sudah yakin kalo anak anda sudah bisa menyaring apa yang mereka terima dari gadget?

Sebenernya saya selalu bertanya-tanya siapa deh yang mencetuskan ide untuk memberikan gadget canggih di usia sedini itu? Saya mulai ngebayangin mungkin nanti di abad ke sekian bayi baru lahir aja udah bisa main PUBG. Hahaha.

Yah, welcome to the digital era. Kemajuan teknologi emang tidak bisa kita hindari. Tapi jangan karena kemajuan teknologi membuat kita semakin antisosial. Mungkin teknologi itu tujuannya untuk mempermudah kerja manusia. Tapi jangan jadikan hal tersebut membuat kita lupa dengan jati diri kita sebagai makhluk sosial.

Matikan lah HP-mu dan mulailah ngobrol. Mulai membangun jalinan pertemanan. Mulailah membuat kerja sama. Get out. The world is bigger than your phone screen.

Oke sekian itu aja opini saya yang mungkin bagi temen-temen yang baca agak ga jelas. Tapi saya dari dulu sudah kepingin banget memberikan sedikit opini soal masyakarat yang semakin hari kalo saya liat di tempat umum semua orang main HP. Bukan berarti saya engga. Yang paling ngenesnya lagi. Kalo saya liat ada satu keluarga di tempat makan, duduk melingkar di mejanya, tapi daripada ngobrol semua anggota malah sibuk main HP. What a happy family.

Apa inti dari semua yang saya kemukakan di atas? Put down your phone and start communicating. Someday you will miss communicating with people when there’s no more people to talk. Mengerti? Good.

Terima kasih bagi yang sudah membaca tulisan yang agak pendek ini. Mudah-mudahan berfaedah dan bisa direnungkan bersama-sama.


Wallahualam bi shawwab. J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[TUGAS KULIAH] Resume Jurnal Seputar Online Shopping

Pada postingan kali ini, saya akan meresume jurnal-jurnal penelitian yang membahas tentang berbelanja secara online. Kenapa saya memilih tema ini, karena dalam suasana pandemi, kegiatan kami dalam memperoleh barang-barang yang diinginkan berpusat pada toko online baik itu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Berikut adalah hasil dari penelitian yang berhubungan dengan berbelanja online. No. Judul Penulis Identitas Jurnal (nama jurnal, nomor jurnal, tahun) Subjek Hasil Jurnal 1.         Hedonic and utilitarian motivations for online retail shopping behavior Childers, T. L., Carr, C. L., Peck, J., & Carson, S. Journal of Retailing, 77, 511-535. 2001 Terdiri dari 274 murid-murid di kelas perkenalan di sebuah sekolah bisnis di universitas besar di bagian midwestern. 67% dari partisipan berusia kurang dari 25 tahun, 18% 25 tahun,

[TUGAS KULIAH] Trik Office Word yang Akan Memudahkan Pekerjaan

Hiyah. Gua baru muncul nih. Munculnya juga gara-gara tugas dari dosen gua. Iya gua tau gua emang ga konsisten parah soal menulis apa yang gua rasain di media publik. Tapi sekarang jam sudah menunjukkan 19.06 di laptop gua. Gua baru jalan pulang dari kampus tadi jam 17.30. Dan sekarang mata gua sisa 40%. Dan gua pengen make sisa-sisa kekuatan yang gua punya ini buat bikin tugas yang dikasih dosen Pengantar Aplikasi Komputer 2 yang menurut gua ajaib itu, so far . Di blog ini, gua pengen ngejelasin beberapa trik di Word yang pasti bakalan berguna kalo lu ada tugas buat laporan, makalah, bahkan skripsi (yha siapa tau pembaca gua udah tahun akhir nyari inspirasi kan?). Udah ah, basa-basi terus. Berikut trik-triknya. Membuat Numbering Otomatis di Table Kita pasti pernah bikin table untuk memuat data yang kita peroleh. Tapi pernah ga sih lu ngisi nomor numbering di table secara manual? Ngaku aja kita semua gitu kok. Tapi kerjaan lu bakalan dimudahin dengan trik ini. a.       

[TUGAS KULIAH] Mengapa dan Bagaimana Kita Menggunakan Internet, dan Bagaimana Peran Sosialnya dalam Internet.

A.     MENGAPA DAN BAGAIMANA KITA MENGGUNAKAN INTERNET Siapa yang tidak menggunakan internet di era millennial ini? Setiap orang di tahun 2020 ini pasti sudah mengenali apa yang dimaksud dengan internet dan apa saja yang bisa dilakukan di dunia maya ini. Semua orang pasti sudah mengenali apa itu internet dan smartphone mungkin saja di masa depan bayi yang baru lahir sudah mengenali apa itu Wi-Fi! Di tulisan ini saya akan berusaha menjelaskan mengapa dan bagaimana kita sebagai masyarakat menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari kita. Internet menjadi hal yang paling penting di hidup kita. Tapi mengapa dan bagaimana kita menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari. Fungsi dan cara penggunaan internet itu bisa dijabarkan menjadi 5 poin berikut. 1)       Information Orang mencari segala macam informasi sekarang tidak hanya lewat buku, majalah, radio, maupun bentuk media massa lagi. Sekarang orang hanya perlu mengetikkan apa yang mereka ingin cari di laman pencaria